Monday 4 June 2012

Cara Instal Font Pada Mac OS, Linux, Windows 7, XP, Vista

Cara Instal Font Pada Mac OS, Linux, Windows 7, XP, Vista

Ilmu Komputer – Font adalah istilah yang digunakan pada komputer untuk jenis tulisan yang diketikkan. Terdapat puluhan bahkan ratusan ribu jenis font yang tersedia untuk komputer anda. Untuk dapat digunakan pada komputer tersebut, font perlu terlebih dahulu diinstal di komputer anda.
Cara menginstal font sedikit berbeda dengan cara menginstal software komputer. Setiap sistem operasi seperti Mac Os, Linux, Windows 7, XP, Vista memiliki cara yang sedikit berbeda satu sama lainnya.

Cara Instal Font Pada Mac OS

Mac OS X mendukung format TrueType (.ttf) dan OpenType (.otf) namun tidak mendukung format BitmapFont (.fon). Pastikan agar setiap font yang ingin diinstal tidak dalam keadaan terkompres seperti zip.rar dsb.

Instal Font Pada Mac OS 9 atau Versi Sebelumnya

Drag-drop (klik dan tahan) font yang ingin diinstal ke folder System. Setelah itu System akan menambahkan font tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua font saat ini dapat mendukung di sistem operasi Mac OS 9. Oleh karena itu bila anda mendownload font di internet pastikan terdapat informasi tambahan mengenai dukungan OS yang tersedia.

Instal Font Pada Mac OS X

Copy-kan font yang ingin diinstal kedalam /Library/Fonts (untuk semua user) atau kedalam /Users/UserNameAnda/Library/Fonts (bila font tersebut terbatas digunakan untuk anda sendiri)

Instal Font Pada Mac OS X 10 atau Versi Diatasnya

Klik 2x pada font yang ingin diinstal > pilih Instal Font yang terdapat dibawah tampilan

Cara Instal Font Pada Linux

Ada 2 cara untuk menginstal font pada Linux:
  1. Copy-kan font yang ingin diinstal (format .ttf atau .otf) kedalam Fonts:// didalam File Manager
  2. Ke Font Folder /home, lalu pada pada bagian menu pilih View > Show Hidden Files. Akan terlihat folder tersembunyi bernama .fonts. Copy-kan font yang ingin diinstal kedalam folder tersebut. (Bila tidak tersedia anda dapat membuat folder baru)

Cara Instal Font Pada Windows Vista / 7

Cara termudah untuk menginstal font pada Windows Vista atau 7 adalah melalui klik kanan pada font yang ingin diinstal lalu pilih Install Font

Cara Instal Font Pada Windows XP / Dibawahnya

Terdapat 2 cara untuk menginstal font pada WIndows XP:
  1. Copy-paste font yang ingin anda instal (format .ttf .otf atau .fon) kedalam folder Fonts yang terletak pada C:\Windows\Fonts. Bila anda menggunakan Windows NT lokasinya adalah C:\WINNT\Fonts
  2. Klik Start Menu > Control Panel > Appereace and Themes. Lalu klik ikon Fonts yang terdapat disebelah kiri. (Bila anda menggunakan Classic View, maka dapat langsung menemukan folder Fonts tersebut melalui Start Menu > Control Panel).
    Lalu klik ikon Fonts tersebut kemudian klik File > Instal New Font.. Lalu arahkan ke font yang ingin diinstal
sumber:http://www.ilmu-komputer.org

No comments:

Post a Comment