Wednesday 27 February 2013

Cara Menggunakan Kartu Kredit

umlah pengguna kartu kredit sekarang ini meningkat pesat. Khususnya, bagi mereka yang bergelut dengan dunia usaha atau mereka yang sehari-harinya sibuk dengan berbagai urusan. Kondisi ini memang sangat dimaklumi karena beragam kemudahan yang bisa didapat dari kartu yang terbuat dari plastik ini. Meski demikian, ada juga yang memiliki kartu kredit sekedar hanya untuk gengsi dan agar tidak dibilang ketinggalan zaman saja.
Secara umum, kartu kredit (credit card) yaitu kartu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran transaksi jual-beli. Dimana, dalam kartu tersebut sebenarnya sudah tersimpan deposit uang sejumlah tertentu. Artinya, pihak penerbit kartu kredit sebenarnya memberikan talangan dana pada pemegang kartu. Setelah nanti digunakan maka pemegang kartu punya kewajiban untuk membayar kepada penerbit kartu kredit baik secara lunas atau angsuran dengan kesepakatan yang sudah dimengerti kedua belah pihak sebelumnya.
Mengingat kartu kredit ini sebenarnya adalah kartu hutang maka sebaiknya digunakan dengan baik. Hal ini perlu dilakukan agar dikemudian hari tidak terbebani tagihan dari pihak penerbit kartu kredit. Berikut ini beberapa cara menggunakan kartu kredit yang baik :

1.    Saat menerima, pastikan kartu kredit yang Anda terima berada dalam amplop tertutup.
2.    Segera ganti PIN tersebut dengan yang mudah Anda ingat sebaiknya jangan gunakan tanggal lahir Anda, karena angka ini mudah dilacak orang lain.
3.    Jangan pernah memberikan kartu kredit Anda pada orang lain.
4.    Simpan kartu kredit di tempat aman dan jangan mencatat PIN anda dalam HP atau disimpan dalam dompet serta jangan memberitahukan PIN Anda pada orang lain.
5.    Pastikan staf merchant dimana Anda bertranskasi langsung membawa kartu Anda ketempat kasir dan bukan ke tempat lainnya.
6.    Sebelum mendandatangani sales draft, pastikan bahwa jumlah transaksi yang tercetak di sales draft sesuai dengan jumlah transaksi yang Anda belanjakan. Dengan demikian Anda terhindar dari kewajiban membayar tagihan yang bukan transaksi Anda.
7.    Pastikan bahwa kasir hanya menggesek kartu Anda 1 (satu) kali saja untuk setiap transaksi. Hal ini untuk menghindari adanya 2 (dua) kali penagihan dengan jumlah transaksi yang sama, pada waktu dan tempat yang sama.
8.    Teliti jumlah yang ditagihkan bank dengan jumlah transaksi yang Anda lakukan sebelumnya.
9.    Bila terdapat tagihan yang tidak sesuai, segera laporkan kepada penerbit kartu kredit Anda.
10.    Lakukan pembayaran tagihan kartu kredit Anda sebelum tanggal jatuh tempo yang tertera dalam lembar tagihan, dengan pilihan jumlah pembayaran yang sesuai.
11.    JIka kartu kredit Anda hilang, Segera melapor ke penerbit kartu kredit dalam waktu 1×24 jam agar kartu kredit Anda diblokir. Usaha ini untuk menghindari pemakaian kartu kredit oleh pihak lain. Dengan demikian Anda juga terhindar dari penagihan atas transaksi yang tidak Anda lakukan.
Demikian sekilas tentang Cara Menggunakan Kartu Kredit yang bisa Anda lakukan jika Anda berniat untuk membuat Kartu Kredit baru.

sumber: http://caramenggunakan.org

No comments:

Post a Comment